Sunday, April 14, 2013

DASAR-DASAR MANAJEMEN disajikan oleh Drs.Wiyono


Pengertian manajemen : adalah suatu cara yang sistimatis dan terorganisir untuk mencapai suatu tujuan yang efektif dengan mendayagunakan sumber-sumber ( manusia dan non manusia ) dan tugas melalui kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengaturan staf (pembagian kerja), pemimpinan dan pengontrolan.
Elemen/ unsur manajemen :
  • Aktifitas
  • Melalui/ dengan perantara orang lain
  • Menggunakan sumber-sumber
  • Penerapan metode/teknik dan pendekatan tertentu
  • Pencapaian tujuan
  • Berlangsung dalam suatu organisasi

Fungsi-fungsi manajemen :
  1. Fungsi Perencanaan
Ø  Peramalan
Ø  Tujuan
Ø  Strategi/cara mencapai tujuan
Ø  Pemrograman
Ø  Penjadwalan
Ø  Pengangaran
  1. Fungsi Pengorganisasian
Ø  Struktur organisasi
Ø  Pemetaan kebutuhan bidang-bidang
Ø  Pengembangan hubungan antar bidang
  1. Fungsi Pengaturan Staf
Ø  The right man in the right place(job)
  1. Fungsi Pemimpinan
Ø  Memimpin
Ø  Memotivasi
Ø  Komunikasi
  1. Fungsi Pengendalian
Ø  Pengukuran kinerja
Ø  Evaluasi kinerja
Ø  Koreksi kinerja
Ø  Umpan balik
Sumber-sumber pendukung manajemen:
  1. Sumber Manusia : Karyawan
  2. Sumber Finansial : Kondisi keuangan untuk membiayai manajemen
  3. Sumber teknik : berbagai peralatan teknik untuk memproses produksi.
  4. Sumber fisik dan perlengkapan : gedung, alat-alat kantor
  5. Sumber alam : bahan-bahan sebelum diolah
  6. Ide-ide : pemikiran untuk menciptakan produk, cara, strategi, kebijakan.
  7. Informasi : Gambaran dari pihak lain yang mendukung aktifitas.
  8. Teknologi : segala daya upaya untuk mengefektifkan dan mengefesienkan pencapaian tujuan (atm, online, HP dll)
  9. Peraturan-peraturan : Kebijakan-kebijakan pemerintah, undang-udang dll


Siapakah Manajer? Adalah orang yang melakukan manajemen.

Ketrampilan manajemen:
  1. Ketrampilan Teknik : kemampuan menggunakan alat-alat, teknik-teknik, prosedur-prosedur, metode-metode, secara benar dan tepatdi dalam melaksanakan tugasnya.
  2. Ketrampilan administrasi : kemampuan untuk pengurusan, pengaturan, pencatatn informasi tentang pelaksanaan dan hasil yang dicapai. ( membaca laporan ) untuk mengambil keputusan yang tepat
  3. Ketrampilan hubungan manusia (berkomunikasi) : kemampuan memahami dan berinteraksi dengan orang lain. (melobi, mendengar, bertanya )
  4. Ketrampilan Konseptual : kemampuan mental mendapatkan, menganalisa, dan interpretasikan, informasi yang diterima dari berbagai sumber.
  5. Ketrampilan diagnostik : ketrampilan menentukan sebab dari hasil analisa.

MANAJEMEN DI UPK :
Ø  Tujuan
Ø  Sumber-sumber
Ø  Fungsi-fungsi

Sumber Pustaka : Buku Asas-asas Manajemen karangan Drs. Ulbert Silalahi, M A

No comments:

Post a Comment