Pengertian manajemen
: adalah suatu cara yang sistimatis dan terorganisir untuk mencapai suatu
tujuan yang efektif dengan mendayagunakan sumber-sumber ( manusia dan non
manusia ) dan tugas melalui kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengaturan
staf (pembagian kerja), pemimpinan dan pengontrolan.
Elemen/ unsur manajemen :
- Aktifitas
- Melalui/ dengan perantara orang lain
- Menggunakan sumber-sumber
- Penerapan metode/teknik dan pendekatan tertentu
- Pencapaian tujuan
- Berlangsung dalam suatu organisasi
Fungsi-fungsi manajemen :
- Fungsi Perencanaan
Ø
Peramalan
Ø
Tujuan
Ø
Strategi/cara mencapai tujuan
Ø
Pemrograman
Ø
Penjadwalan
Ø
Pengangaran
- Fungsi Pengorganisasian
Ø
Struktur organisasi
Ø
Pemetaan kebutuhan bidang-bidang
Ø
Pengembangan hubungan antar bidang
- Fungsi Pengaturan Staf
Ø
The right man in the right place(job)
- Fungsi Pemimpinan
Ø
Memimpin
Ø
Memotivasi
Ø
Komunikasi
- Fungsi Pengendalian
Ø
Pengukuran kinerja
Ø
Evaluasi kinerja
Ø
Koreksi kinerja
Ø
Umpan balik
Sumber-sumber pendukung
manajemen:
- Sumber Manusia : Karyawan
- Sumber Finansial : Kondisi keuangan untuk membiayai manajemen
- Sumber teknik : berbagai peralatan teknik untuk memproses produksi.
- Sumber fisik dan perlengkapan : gedung, alat-alat kantor
- Sumber alam : bahan-bahan sebelum diolah
- Ide-ide : pemikiran untuk menciptakan produk, cara, strategi, kebijakan.
- Informasi : Gambaran dari pihak lain yang mendukung aktifitas.
- Teknologi : segala daya upaya untuk mengefektifkan dan mengefesienkan pencapaian tujuan (atm, online, HP dll)
- Peraturan-peraturan : Kebijakan-kebijakan pemerintah, undang-udang dll
Siapakah Manajer? Adalah
orang yang melakukan manajemen.
Ketrampilan manajemen:
- Ketrampilan Teknik : kemampuan menggunakan alat-alat, teknik-teknik, prosedur-prosedur, metode-metode, secara benar dan tepatdi dalam melaksanakan tugasnya.
- Ketrampilan administrasi : kemampuan untuk pengurusan, pengaturan, pencatatn informasi tentang pelaksanaan dan hasil yang dicapai. ( membaca laporan ) untuk mengambil keputusan yang tepat
- Ketrampilan hubungan manusia (berkomunikasi) : kemampuan memahami dan berinteraksi dengan orang lain. (melobi, mendengar, bertanya )
- Ketrampilan Konseptual : kemampuan mental mendapatkan, menganalisa, dan interpretasikan, informasi yang diterima dari berbagai sumber.
- Ketrampilan diagnostik : ketrampilan menentukan sebab dari hasil analisa.
MANAJEMEN DI UPK :
Ø
Tujuan
Ø
Sumber-sumber
Ø
Fungsi-fungsi
Sumber Pustaka : Buku Asas-asas
Manajemen karangan Drs. Ulbert Silalahi, M A